Unsultra Jalin Kerja Sama dengan Temple University Amerika Serikat

        

KENDARI, BKK – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menjalin kerja sama dengan salah satu universitas terbaik luar negeri, yaitu Temple University Amerika Serikat terkait peningkatan kualitas pendidikan.

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun, Kamis (22/11) mengatakan, pihaknya  telah melakukan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa (20/11) lalu.

“Penandatanganan kerja sama ini untuk memajukan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dalam pengembangan pembangunan bangsa dan negara khususnya pada dunia pendidikan,” terangnya.

Ia menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi kesepakatan program prioritas yaitu pendidikan. Pertama, dual degree atau double degree, yaitu seorang mahasiswa dapat menempuh dua studi sekaligus, dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan bila mahasiswa tersebut menempuhnya satu per satu. Kedua, joint research dan ketiga, workshop konferensi internasional yang penyelenggaraannya akan dilakukan di Indonesia.

Rektor Unsultra menambahkan, program yang lebih menarik adalah program kuliah 2 tambah 2. Artinya kuliah 2 tahun di Unsultra dan 2 tahun di Temple University pada program studi yang sama bisa mendapat 2 ijazah, yaitu dari Unsultra dan Temple University. Beberapa pilihan lainnya antara lain S1 di Unsultra dan S2 di Temple University, dan sebagainya.

“Ini semua merupakan tindak lanjut dari kegiatan belajar saya di sana (Amerika Serikat) dan alhamdulillah untuk beberapa kegiatan yang kami sepakati ini, semua perguruan tinggi swasta yang ikut belajar di Amerika Serikat memberikan dukungan,” jelasnya.

Kerja sama ini, lanjut dia, akan menjadi  modal besar bagi Unsultra karena menjadi sumber motivasi. Untuk itu, pihaknya bekerja lebih keras terutama pada konteks kualitas mahasiswa dan dosen, dalam penggunaan bahasa asing.

“Saya sendiri akan melaporkan keinginan ini kepada pimpinan yayasan, sekaligus meminta bantuannya dalam pengembangan infrastruktur berbasis digital. Selain itu, kami juga akan melibatkan pemerintah dan juga para alumni untuk ikut ambil peran pada pemenuhan kebutuhan kampus,” tandasnya.

Targetnya, tambah Andi Bahrun, Unsultra bisa menjadi salah satu kampus idaman, berdaya saing, serta dilirik para calon mahasiswa dari dalam dan luar negeri.(m1/cr5)

One Response

  1. Suparno, S.Si., M.Sc. November 26, 2018

Leave a Reply