Ketgam: Foto bersaama Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun bersama Tim Pemeriksa PAK Jabatan Fungsional LLDIKTI, Prof Jamaluddin Ahmad.

Potretterkini.id, KENDARI– Rektor Universitas Sulawesi Tenggara Prof Andi Bahrun terus meningkatkan kualitas sumber daya Dosen, salah satu upayanya adalah melakukan Bimbingan teknis Subtansi Dokument Usulan Jabatan Fungsional Dosen dengan menghadirkan  Tim Pemeriksa PAK Jabatan Fungsional LLDIKTI, Prof Jamaluddin Ahmad. Kegiatan berlansung di Aula WTC Unsultra, Kamis (10/8/2023).

Saat acara pembukaan kegiatan bintek, Rektor menyampaikan bahwa kemajuan Perguruan Tinggi ditentukan oleh kualitas tenaga pendidik atau dosen. Salah satu kualitas dosen suatu Perguruan Tinggi ditentukan oleh Jumlah dan level jabatan fungsional seperti Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar.

Akreditasi Perguruan Tinggi amat ditentukan oleh Jumlah dan level jabatan fungsional dosen. Progres peningkatan jumlah dan level jabatan fungsional dosen Unsultra tergolong lambat, meskipun tahun ini sudah menunjukkan progress lebih baik, tetapi masih perlu ditingkatkankan lagi.

Andi Bahrun berharap dan berdoa agar jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional lector, lektor kepala dan Guru Besar meningkatkan secara signifikan. Menyadari masih banyak dosen yang memiliki semangat rendah dan kendala dalam mengusulkan jabatan fungsional, kami mengundang Prof. Dr. Jamaluddin Ahmad, S.Sos, M.Si yang juga sebagai Tim Pemeriksa PAK Jabatan Fungsional dosen di lingkungan LLDIKTI IX sebagai narasumber Bintek kali ini.

Andi Bahrun berharap melalui kegiatan ini diharapkan para dosen dapat lebih bersemangat mengembangkan kompetensi diri dan dapat meningkatkan percepatan kenaikan Jabatan Akademik. Dengan peningkatan jumlah dan level jabatan akademik dosen.

Ketgam: Foto bersama jajaran pejabat dan dosen Unsultra dalam Bimtek Subtansi Dokument Usulan Jabatan Fungsional Dosen dengan menghadirkan Tim Pemeriksa PAK Jabatan Fungsional LLDIKTI, Prof Jamaluddin Ahmad

“Saya yakin akan berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pengelolaan Pendidikan khususnya peningkatan nilai akreditasi program studi di Unsultra dan kepercayaan public terhadap Unsultra serta perbaikan kesejahteran tenaga pendidik,” jelasnya.

Prof Jamaluddin, tidak hanya sebagai Tim PAK jabatan akademik di LLDIKTI IX, tetapi juga sebagai Rektor Universitas Muhamadiyah Sidendreng Rappang, sehingga Unsultra dapat melakukan Kerjasama dengan PT yang beliau pimpin dibidang join research, pengabdian kepada Masyarakat, join publikasi dan juga implementasi MBKM.

Narasumber Bimtek Prof. Dr Jamaluddin, S.Sos., M.Si mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan SDM di Unsultra. “Dosen-dosen di Unsultra sudah memiliki potensi untuk kenaikan jabatan. Unsultra juga sudah sehat dalam legalitas institusi, kemudian sistem untuk memiliki inovasi sangat bagus dan yang terakhir itu pengembangan SDM sangat perlu,” ungkapnya.

Kedepannya kata dia, Unsultra dapat menghasilkan guru besar. Karena Unsultra sendiri memiliki potensi yang sangat besar. “Kemudian yang perlu ditingkatkan lagi adalah riset atau penelitian yang berbasis hilirisasi. Sehingga hasil riset tersebut dapat betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat,” harapnya.

Diharapkan Unsultra dan pihaknya dapat terus menjalin kerjasama terutama dalam kerjasama internasional. Selain itu, Unsultra dapat menjalin kerjasama dengan kami dalam hal KKN internasional seperti di Malaysia, Singapura dan lain sebagainya,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *