Ketgam: Rektor Unsultra dosen dan mahasiswa serta narasumber dari Australia dalam suasana The 2 InternasionalTraining Using Teacher in A Box (TIB) For Maksimum Effect.

Potretterkini,id, KENDARI- Dalam mewujudkan komitmen menjadi kampus berkelas dunia atau go-international Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) terus menjalin kerjasama dengan beberapa negara di Luar Negeri salah satunya The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia.

Kerjasama yang dibangun adalah menyelenggarakan The 2 International Training Using Teacher in A Box (TIB) For Maksimum Effect”  di ruang rapat rektorat Unsultra, Jumat (25/8/2023) dengan menghadirkan narasumber  Miss. Kate Huth.

Tujuan kegiatan tersebut, untuk meningkatkan kemampuan literasi dosen dan mahasiswa, dimana salah satu langkah untuk memberikan pengetahuan yang positif kepada mahasiswa dan dosen supaya bisa kreaktif dalam mengajar. Selain itu juga salah cara untuk mengimplementasikan teknologi diera disrupsi sekarang ini. Sehingga kampus bisa berdaya saing dalam bidang pendidikan dimasa depan.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric, Ia katakan bahwa sebelumnya pada awal Agustus 2023  sudah dilakukan 1st Training Platform Teacher Im a Box  oleh Pamela Davis selaku representative The Rotary Club Paddington Queensland Australia.  Training hari ini adalah bagaimana kita memaksimalkan penggunaan dari TIB ini dalam mendukung program mencerdasakan anak bangsa, proses pembelajaran baik oleh mahasiswa maupun dosen serta berbagai literasi lainnya.

Rektor Unsultra bersama Narasumber dari Australia Miss. Kate Huth

Dikatakannya, para peserta training pertama dan kedua ini  akan mentransfer pengetahuan dan skill penggunaan TIB kepada teman dan fakultasnya serta kita juga akan mengajak Masyarakat dan sekolah sekitar kampus untuk menjadi user guna memanfaatkan TIB yang ada di Unsultra.

“Kita sudah sepakat dengan The Rotary Club Paddington Queensland Australia bahwa kita akan selenggarakan webinar bersama instansi terkait utamanya kepada kepala sekolah terkait sosialisasi dan pemanfaatan TIB, agar informasi terkait TIB ini dapat diketahui oleh masyarakat dan para pemangku dibidang Pendidikan, karena TIB ini  sangat penting dalam mendukung pembelajaran di Sultra,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa TIB ini merupakan platform gratis dan tidak membutuhkan sambungan internet. “Selama ini, ketika kita mengakses materi itu harus menggunakan paket data atau sambungan internet. Tapi dengan TIB kita dapat mencari materi apapun tanpa menggunakan internet  karena TIB laksana perpustakaan intranet dan  lagi pula materi yang tersedia dalam TIB semuanya terkait Pendidikan dan idak menyediakan hal-hal yang bersifat negative. Satu reserver TIB ini bisa diakses oleh 100 orang dalam waktu bersamaan dengan radius jarak 100 meter,” jelasnya.

Lebih lanjut, Andi Bahrun mengungkapkan bahwa Universitas Sulawesi Tenggara terus memperluas jaringan kerjasama dalam upaya  memperkaya sumber  pengajaran di lingkungan kampus terutama dalam memperkuat pembelajaran berbasis digital, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga berbagai hambatan proses pembelajaran di daerah terpencil  atau di pedesaan. “Ikhtiar untuk memperkaya sumber daya akademik, belum lama ini Unsultra telah menandatangani Kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra termasuk bekerjasama dengan The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia untuk pengembangan platform TIB ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut , bahwa Platform TIB ini sangat penting dan prospek dikembangkan di Sultra karena masih banyak daerah tertinggal dan terpencil khususnya wilayah pedesaan yang memiliki keterbetasan dalam infstruktur yang mendukung pembelajaran seperti perpustakaan dan koleksi bahan bacaan serta belum ada jaringan jaringan internet dan kalaupun ada internet biasanya jaringan tidak stabil.

“Daerah dengan kondisi jaringan internet seperti ini perlu diupayakan alternatif platform yang tepat untuk mendukung pembelajaran di era disrupsi ini dan kedepannya. Teacher In a Box adalah perpustakaan intranet dan kaya sumber daya akademik serta dapat diakses tanpa internet,” ucapnya.

Kehadiran platform TIB tidak hanya bisa memperbaiki kualitas sumber daya akademik di kampus dan sekitarnya, tetapi juga akan memberikan peluang untuk dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa di wilayah pedesaan dan atau terpencil melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya untuk implementasi berbagai program MBKM. Disamping itu terdapat peluang bagi dosen yang ingin membuat bahan atau materi pembelajaran cetak dan non cetak yang dapat diusulkan kepada Koordinator Pendidikan The Rotary Club Paddingtong Queensland, Australia untuk dimasukan  pada TIB.

Kate Huth selaku Education coordinator dan bertindak sebagai pemateri menjelaskan bahwa keberadaan Teacher in a Box ini mendukung pembelajaran mandiri serta pengajaran di kelas, sehingga TIB ini memiliki dampak positif yang sangat besar ketika sumber daya pengajaran yang terbatas atau guru dengan pelatihan atau pendidikan yang terbatas. Keberadaan platform ini, dengan server Teacher in a Box, dengan fasilitas laptop atau computer yang berisi konten pendidikan bernilai beberapa ratus gigabyte. “Platform ini perlu ditambahkan router nirkabel bertenaga USB ke setiap server TIB, dan dapat diakses dengan menggunakan iPhone, tablet, dan laptop, tanpa membutuhkan jaringan internet” jelasnya.

Kate Huth , yang juga PhD candidate of Global Studies, menuturkan Teacher in a Box yang diprakarsai oleh Rotary Club of Paddington, Australia, yang menggunakan teknologi yang disumbangkan untuk membawa pendidikan online ke dunia offline melalui jaringan Rotary. Hal Ini memungkinkan siswa kurang mampu dapat mengakses sumber daya pendidikan online gratis tanpa koneksi internet. Ia berharap setelah kegiatan ini, platform Teacher in a Box ini dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa serta dapat dikembanglan lebih luas bersama masyarakat.

Ia menambahkan, bahwa Unsultra sangat responsive dan lebih awal setting up dan install TIB serta melakukan training sehingga menjadi pilot project TIB oleh The Rotary Club Paddington Queensland Australia. TIB ini bari dikembangkan di 3 provinsi termasuk  Sultra.

Sultra sendiri sudah ada diset up 5 server TIB dan akan ditambah 3 server sehingga semuanya berjumlah 8 server termasuk di Perpustakaan milik Pemda Sultra. Keberadaan paltform Teacher In a Box (TIB) akan mendukung pembelajaran digital yang sedang digelorakan di Unsultra makin maju” jelasnya. (Med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *