KENDARI – Guna membentuk karakter dan mendorong semangat mahasiswa, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menyelenggarakan diskusi ilmiah nasional secara online yang diikuti oleh para mahasiswa penerimaan KIP Kuliah dengan menghadirkan pemateri dari Koordinator KIP Kuliah Kemendikbudristek dan Kepala LLDikti Wilayah IX  Sultanbatara, Sabtu (16/7).

Suasana pelaksanaan diskusi ilmiah nasional yang dilaksanakan secara online. Foto: Dirma/RS

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun mengungkapkan, webinar ini merupakan rangkaian kegiatan dari dies natalis ke-36 Unsultra. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa penerima KIP Kuliah agar memanfaatkan beasiswanya dengan sebaik mungkin. Karena bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini diperuntukkan untuk mereka yang memiliki ekonomi lemah.

“Dengan adanya KIP Kuliah, masyarakat yang memiliki ekonomi lemah dapat melanjutkan pendidikan jenjang perguruan. Untuk itu, kita berpesan kepada mahasiswa agar mempergunakan dan memanfaatkan beasiswa yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya demi menggapai cita-cita yang diimpikan,” ungkapnya.

Prof Bahrun juga menerangkan, alhamdulillah tahun lalu Unsultra berhasil memperoleh 200 lebih KIP Kuliah, dan pihaknya berharap tahun ini pemerolehan beasiswa tersebut dapat. Dengan adanya beasiswa KIP Kuliah ini, mereka masyarakat yang memiliki ekonomi lemah, memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Sambungnya, untuk itu, pihaknya berharap kepada para mahasiswa yang menerima beasiswa KIP Kuliah iagar memanfaatkannya dengan baik untuk memperbaiki diri. Karena tidak menutup kemungkinan mereka suatu saat nanti akan menjadi seorang guru, ustaz, bupati, walikota, gubernur, menteri bahkan presiden.

“Alhamdulillah kegiatan kemarin yang diikuti oleh para mahasiswa penerima KIP Kuliah dan beberapa dosen serta mahasiswa dari perguruan tinggi lain berjalan dengan lancar. Saya harapkan hal-hal seperti ini dapat ditingkatkan lagi frekuensinya, guna memotivasi para mahasiswa agar menjadi generasi yang membawa perubahan bagi daerah dan bangsa,” pungkasnya. CR5