Ketgam:Rektor, Prof. Andi Bahrun, saat melepas mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM3)

Potretterkini.id, KENDARI– Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof Andi Bahrun secara resmi melepas mahasiswa yang mengikuti program Petukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM3).

Rektor menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas lolosnya 5 mahasiswanya yang akan mengikuti program PMM3 selama 1 semester pada lima Perguruan Tinggi yang berbeda yaitu Windi Putri Handina di Unpad, Nadila Nurul Utami di Univ. Merdeka Malang, Nurtija Alimun di Univ. Muhammadiah Surakarta, Chory Marsanda Togala di Universitas.

Pelita Harapan Jakarta dan Adam Firdaus Yusuf di Univ. Negri Malang. Unsultra terus meningkatkan kuantitas dan kualitas implementasi berbagai program MBKM seperti pertukaran mahasiswa, magang, mahasiswa mengajar, asistensi mengajar, kegiatan kewirausahaan, membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik, penelitian dan pengabdian masyarakat, praktisi mengajar dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk mendidik dan menjadikan mahasiswa dan lulusan agar lebih adaptif, inovatif, kolaboratif dan memiliki literasi digital yang mumpuni. Andi Bahrun, mengingatkan mahasiswanya agar cepat beradaptasi, menjaga nama baik insitusi dan daerah selama mengikuti program PMM3 serta menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Rektor melepas mahasiswa peserta PMM3 dihadapan sekitar 200 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah yang disertai harapan agar dapat menginspirasi mahasiswa lainnya khususnya mahasiswa penerima KIP Kuliah. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sungguh besar manfaatnya bagi mahasiswa karena tidak hanya mahasiswa bisa merasakan atmosfir perkuliahan dan dapat menyelesaikan mata kuliah 20 SKS di luar kampusnya tetapi juga mahasiswa banyak memperoleh pengalaman dan wawasan luas terkait kehidupan berbangsa dan bernegara, keberagaman suku, ras dan budaya serta pentingnya rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Rektor berharap semakin banyak mahasiswa Unsultra yang dapat mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam program PMM dan berbagai implementasi program MBKM dalam negeri bahkan kita memprogram pertukaran mahasiswa internasional.

Windi Putri Handina mahasiswa Program Studi PGSD, saat ditanya motivasinya mengikuti PMM3, mangatakan bahwa melalui pengalaman mengikuti PMM3 ini, saya dapat memperluas wawasan dan memperdalam pengetahuan serta menambah pengalaman. Disamping itu saya dapat meningkatkan pemahaman dan memperluas pergaulan dengan bertemu berbagai keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan serta dapat memantapkan semangat persatuan dan kesatuan.

“Saya juga bangga dan bersyukur karena menjadi perwakilan satu satunya dari Universitas Sulawesi Tenggara sebagai peserta PMM3 di Universitas Padjadjaran,” jelasnya.

Sementara Motivasi Nadilla Nurul Utami mahasiswa Progam Studi Ilmu Pemerintahan mengatakan bahwa motivasi saya mengikuti PMM 3 ini adalah untuk menambah relasi dan pengetahuan saya dengan cara bertemu dan bertukar pikiran bersama para mahasiswa(i) dari seluruh indonesia yang juga mengikuti program ini secara resmi, suatu kebanggaan bisa menjadi salah satu mahasiswa asal perguruan tinggi Universitas Sulawesi Tenggara untuk terlibat dalam program pemerintah yang sangat luar biasa ini.

“Bagi saya mengikuti kegiatan PMM3 ini patut disyukuri kebanggaan tersendiri karena tidak semua mahasiswa mendapatkan kesempatan menjadi bagian dari program PMM 3. Oleh karena itu saya harus bersungguh-sungguh mengikuti PMM 3 dan menunjukkan prestasi terbaik saya.

Saya mewakili teman-teman menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan motivasi yang selalu diberikan oleh Pimpinan Universitas dan Fakultas kepada kami semua. Saya berharap mahasiswa Unsultra semakin banyak yang berpartisipasi pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka pada masa yang akan datang.,” jelasnya. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *