Rektor Unsultra berpose bersama dengan mahasiswa yang melakukan Study Tour Prodi PGSD FKIP Universitas Sulawesi Tenggara ke Prodi PGSD FIP Universitas Negeri Gorontalo (Foto:Istimewa)

Potretterkini.id, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara tahun 2022 bertekad kuat meningkatkan kinerja PT dan implementasi MBKM serta untuk wewujudkan tekad “ Dream To Become A Future University antara lain meluncurkan Program “ Students Learning Experiences Exchange(SLEE) “ baik dalam maupun luar negri. Berbagai bentuk program kegiatan SLEE seperti Student Exchange Program, Campus Goes To School, Campus Goes To Industry and Campus goes to School.

Kali ini Mahasiswa Unsultra baru saja menyelesaikan kegiatan Study Tour Prodi PGSD FKIP Universitas Sulawesi Tenggara ke Prodi PGSD FIP Universitas Negeri Gorontalo, dalam kegiatan sebagai partisipan Seminar International Paedagogika International Conference (PICEI) 2022 yang diadakan Universitas Negeri Gorontalo, sekaligus Banchmarking Implementasi MBKM.

Demikian disampaikan Rektor Unsultra, Prof Dr.Ir. H Andi Bahrun, M.Sc., Agric, kepada awak media, Kamis (22/9/2022), Lanjutnya, Kegiatan “ Students Learning Experiences Exchange(SLEE) harus menjadi agenda kegiatan Universitas guna memperkaya pengalaman mahasiswa, meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta memperluas jejaring kerjasama Unsultra serta. Selain itu juga diharapkan Universitas Sulawesi Tenggara akan semakin dikenal dan dekat secara emosional kepada masyarakat luas diluar Sulawesi Tenggara.

“Saya berharap dan bahkan saya mendorong kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PGSD FKIP ini, dapat dilakukan oleh mahasiswa program studi lain dengan PT tujuan dalam negri maupun luar negri , sehingga benar-benar “Unsultra in Global Action” dan berdampak dampak positif bagi peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan di UNSULTRA dan terjadi peningkatan indeks kinerja serta terjadi peningkatan berbagai kecakapan mahasiswa sehingga alumni unsultra berdaya saing dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan berbagai dinamika yang ada terutama di era digital ini.

Wakil Dekan FKIP Dr. Kasmawati, M.Pd, menyatakan, Pengalaman ini menjadi pengalaman pertama bagi para mahasiswa PGSD FKIP Unsultra dalam mengenyam pembelajaran di kampus lain. Sangat mengapresiasi pada mahasiswa dan terkhusus pada dosen pembimbing.

Dengan adanya kegiatan ini, kata dia, selain menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk berinteraksi, saling mengenal satu sama lain, saling belajar dan menambah keakraban dengan mahasiswa PGSD FIP UNG.

“Kegiatan study tour ini dapat terus berlangsung agar semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat oleh para mahasiswa PGSD selama menempuh pendidikannya di Universitas Sulawesi Tenggara,” harapnya.

Senada disampaikan Dosen Pembimbing Wa Ode Eka, M.Pd dikonfirmasi terpisah mengatakan, Peserta Study Tour berjumlah 8 Mahasiswa didampingi satu Dosen Pembimbing. Study Tour berlangsung dari Tanggal 12 September s/d 17 September 2022.

Adapun agenda Study Tour Prodi PGSD FKIP Unsultra ke Prodi PGSD FIP Universitas Negeri Gorontalo, dalam kegiatan sebagai partisipan Seminar International Paedagogika International Conference (PICEI) 2022 yang diadakan Universitas Negeri Gorontalo, mengikuti Kuliah Umum terkait Kampus Merdeka di Prodi PGSD FIP, mengadakan pertemuan dengan HMPS PGSD FIP UNG dan akan dilakukan juga penandatanganan MoA antar kedua Prodi.

Harapannya, kegiatan study tour ini dapat terus berlangsung agar semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat oleh para mahasiswa PGSD selama menempuh pendidikannya di Universitas Sulawesi Tenggara.

Sementara Mahasiswa La Ode Zulfadli yang ikut kegiatan menyampaikan, pesan dan kesannya bahwa Pengalaman ini menjadi pengalaman pertama bagi para mahasiswa PGSD FKIP Unsultra dalam mengenyam pembelajaran di kampus lain. Sangat mengapresiasi pada mahasiswa dan terkhusus pada dosen pembimbing.

Dengan adanya kegiatan ini, selain menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk berinteraksi, saling mengenal satu sama lain, saling belajar dan menambah keakraban dengan mahasiswa PGSD FIP UNG.

“Saya pribadi kesan dan pesan saya setelah mengikuti study tour ini yang pastinya sangat bahagia karena kenapa, yang pertama kita menambah wawasan pengetahuan kita, serta dapat melihat, destinasi yang berada di wilayah gorontalo , dan yang kedua pastinnya memperpanjang tali silaturrahmi,”

Ia berharap kegiatan ini bukan yang terakhir tapi awal dibuat kegiatan berikutnya. Saya ingin kegiatan study tour akan di adakan lagi tahun depan di provinsi lain Lagi, Jaya Unsultra,” katanya.

“Semoga adik-adik yang dibawah angkatan saya bisa meneruskan Kegiatan ini soalnya bukan hanya sekedar mengikuti kegiatannya akan tetapi studi tour ini mengajarkan arti kebersamaan yang tidak memandang dari usia ataupun angkatan semua rata dan pengalaman baru serta ilmu yang didapat pastinya dan tidak ada ruginya untuk mengikuti kegiatan ini, belajarnya dapat kemudian liburannya juga dapat,” jelasnnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *