Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun, saat melihat karya mahasiswa yang dipamerkan di kegiatan Expo Unsultra 2022. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

” Unsultra mengelar ekspo dengan tema “Entrepreneurship and Riset Unsultra 2022” dengan memamerkan hasil-hasil karya mahasiswa dari berbagai fakultas serta karya ilmiah para dosen “

KENDARI, TELISIK. ID – Mendorong peningkatan skill dan kualitas mahasiswa, nampaknya terus dilakukan oleh Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), dengan melakukan berbagai hal, mulai dari pengadaan seminar dan lain sebagainya.

Hari ini, Kamis (17/3/2022), untuk pertama kalinya Unsultra mengelar ekspo dengan tema “Entrepreneurship and Riset Unsultra 2022” dengan memamerkan hasil-hasil karya mahasiswa dari berbagai fakultas serta karya ilmiah para dosen.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, kegiatan expo ini adalah sebagai ajang bagi mahasiswa, untuk bisa meningkatkan kompetensi dengan kemampuan sesuai dengan bidang keahlian mereka.

“Yah, di expo ini para mahasiswa memamerkan hasil karya ciptaan mereka, yang bernilai jual. Ini tentunya menjadi sebuah ajang, bagaimana bisa mengekspresikan ilmu yang didapat, menjadi sebuah karya yang bermanfaat,” ungkapnya saat ditemui, Kamis (17/3/2022).

Dirinya menyebut, pergelaran expo ini juga merupakan sebuah wujud Unsultra, untuk menjalankan program dari Kemendikbudristek, yaitu merdeka belajar kampus merdeka, yang berfokus pada peningkatan skill mahasiswa.

“Peningkatan kemampuan akademik memang menjadi target kami, karena dengan SDM yang unggul dan berkompeten, tentunya akan memberikan dampak pada kemajuan perguruan tinggi. Melalui kegiatan expo, akan memacu para mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif, dalam menyajikan hasil karya terbaik mereka,” jelasnya.

Intinya, kata dia, expo menjadi salah satu momentum bagi para mahasiswa, untuk bisa mengeksplorasi kemampuan akademik.

“Serta ini juga menjadi ajang Unsultra membuktikan diri sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik, melalui karya-karya mahasiswanya yang berkualitas,” ujarnya.

Ketua Panitia Expo Unsultra, Kasmanda mengungkapkan, expo menjadi sebuah ajang pertemuan antara tiap-tiap fakultas yang ada di Unsultra. Untuk saling bertukar ide dan pemikiran yang cemerlang dan kreatif.

“Di mana kegiatan expo ini merupakan yang pertama kali dilakukan, jadi kita benar-benar sangat antusias untuk mengelar semeriah mungkin,” katanya.

Lanjut dia, selain kegiatan pameran, juga ada berbagai kegiatan lainnya, yang tentunya akan menonjolkan kemampuan bakat dari para mahasiswa Unsultra.

“Kegiatan expo akan dilaksanakan mulai hari ini sampai sampai tanggal 19 Maret, dengan berbagai kegiatan, yaitu ada live music, lomba poster, dan kategori stand terbaik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BEM Unsultra, Hasir mengatakan, kegiatan seperti ini menjadi sebuah pelecut semangat bagi mahasiswa Unsultra, untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Sebagai pimpinan lembaga, pastinya kita selalu mendukung kegiat-kegiatan yang sifatnya positif bagi mahasiswa. Tentu kegiatan EXPO ini merupakan sebuah ajang yang sangat baik, untuk pengembangan kemampuan dari mahasiswa Unsultra,” ujarnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *