Potretterkini.id, KENDARI-Universitas Sulawesi Tenggara terus memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai pihak guna meningkatkan kompetensi lulusan dan indeks kinerja Perguruan Tinggi. PT. Cakrawala Resources Indonesia melakukan penandatanganan kerjasama Fakultas Teknik dan juga dengan Program Studi Teknik Geologi.

Penandatanganan MoU dirangkaikan dengan kegiatan kuliah umum “Aplikasi Ilmu Mineralogi dalam Dunia Industri Pertambangan Nikel Laterit”,yang dilaksakan pada hari Sabtu 20 Januari 2024 di Laboratorium Teknologi Kebumian Universitas Sulawesi Tenggara. Kuliah umum dengan pembicara Ir. Supardin Nompo, ST., M.Eng selaku CEO PT.

Cakrawala Resources Indonesia yang dipandu oleh moderator Ir, Raivel, ST. MT selaku Ketua Program Studi Teknik Geologi Universitas Sulawesi Tenggara. Kegiatan kuliah umum ini di laksanakan oleh Program Studi Teknik Geologi Bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Bumi Anoa Prodi Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Sulawesi Tenggara.

Dekan Fakultas Teknik Unsultra ,Dr. Ir. Irwan Lakawa, ST., M.Si., IPM., ASEAN. Eng. dalam sambutannya mengatakan bahwa kuliah umum ini sangat penting untuk peningkatan kualitas mahasiswa guna melahirkan lulusan yang siap pakai dan bersaing dalam dunia kerja. Kuliah umum ini dapat mengantarkan mahasiswa bukan hanya memahami secara teoritis namun juga mampu memahami secara praktis dilapangan.

Selain itu, kuliah umum ini dapat membuka kerjasama dengan berbagai perusahaan guna mengemplementasikan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) melalui program magang. Oleh sebab itu, aktivitas seperti ini dapat terus dikembangkan oleh semua program studi di lingkup fakultas teknik.
Ir. Raivel, ST., MT selaku Ketua Program Studi Teknik Geologi Unsultra menyampaikan bahwa kuliah umum/tamu ini dilaksanakan untuk memperkaya perkuliahan mata kuliah mineralogi mahasiswa teknik geologi Universitas Sulawesi Tenggara.

Harapannya agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman secara sempurna terkait aplikasi didalam dunia kerja khususnya baik sebagai geologist maupun miners. Oleh sebab itu, dipandang penting untuk dilakukan kuliah umum ini terkait aplikasi ilmu mineralogi dalam dunia industri pertambangan nikel laterit.

Kegiatan ini akan terus kita lakukan, mengingat daerah Sulawesi Tenggara kaya akan sumber daya alam seperti nikel laterit, aspal, emas dan grafit. Sementara itu Fais Dwi Zulhijah Katua HMTG (Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi) Bumi Anoa Prodi Teknik Geologi menyampaikan terima kasih kepada pimpina Fakultas khususnya ketua Program Studi Teknik Geologi atas terselenggaranya kegiatan kuliah umum.

Kegiatan kuliah umum seperti ini dapat membuka cakrawala berfikir terkait aplikasi ilmu geologi dalam dunia kerja khususnya dalam pertambangan nikel laterit, salah satunya adalah ketika kita melakukan explorasi pemboran nikel, ungkapnya.

CEO PT. Cakrawala Resources Indonesia, Supardin Nompo, ST., M.Eng. dalam paparannya menguraikan bahwa ilmu mineralogi sangat perperan penting didalam dunia pertambangan yaitu saat melakukan tahap explorasi dan penambangan nikel laterit. Didalam tahap explorasi ilmu mineralogi digunakan saat melakukan test pit maupun pengeboran. Material test pit atau pengeboran dapat diketahui dan ditentukan batas lapisan nikel laterit oleh wellsite geologist yaitu dengan melakukan deskripsi mineral yang terkandung dalam setiap meternya.

Sedangkan dalam penambangan dapat digunakan oleh mine geologist atau grade control didalam melakukan mengawasan batas area ore getting sehingga ore yang dihasilkan memiliki nilai kualitas yang sangat tinggi sesuai dengan standar ore yang di inginkan.

Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun, dimintai komentarnya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan kuliah tamu yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Geologi dengan menghadirkan CEO PT.

Cakrawala Resources Indonesia yang dirangkaikan dengan penandatanganan MoU. Kegiatan perkuliahan dan kuliah umum yang melibatkan dosen praktisi dan perusahaan akan terus kita tingkatkan kuantitas dan kualitasnya guna memberikan peluang dan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan skill dan atau kompetensinya sehingga kelak melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan adaptasi, inovasi dan kolaborasi dan cepat mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak. (Med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *