Keterangan Gambar : Suasana Seminar yang Digelar Unsultra dan PT TADIN Usai MoU (Foto: IST)

KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) membangun Kerjasama dengan PT Talenta Dinamika Indonesia.

Kerjasama tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unsultra dan PT Talenda Dinamika Indonesia. Tindak lanjut dari MoU tersebut digelar lah seminar dengan tema “Strategi Peningkatan Kualitas SDM Melalui Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi  Era Society 5.0”, Senin (8/8/2022) di kampus Unsultra.

Seminar yang digelar ini merupakan implementasi awal dari MoU yang telah ditandatangani hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Direktur PT Talenta Dinamika Indonesia (TADIN), Ir. Dwi Djalu Purwanto tampil sebagai narasumber seminar.

Dwi Djalu berharap, melalui seminar ini civitas akademika Unsultra dan mitra memiliki pemahaman, komitmen dan sekaligus kesamaan langkah dalam mempersiapkan SDM yang multitalenta di era disrupsi. Hal tersebut melalui implementasi Tridharma perguruan tinggi khususnya implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

“Terutama untuk meningkatkan nilai tambah produk unggulan berbasis sumber daya alam serta meningkatkan kesejahteraan dan daya saing daerah menuju Indonesia Maju,” ujarnya.

Sementara, Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun menjelaskan bahwa kegiatan ini seiring dengan tema Dies Natalis Tahun ini yaitu “mempersiapkan mahasiswa Unsultra menyongsong Indonesia Emas 2045. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi bagian komitmen kampus untuk mewujudkan Visi Unsultra yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul, inovatif dan bermartabat tahun 2035 mendatang.

“Oleh karena itu saya sangat mendorong dan mengharapkan pimpinan Fakultas khususnya Program Studi dapat memanfaatkan dan mengimplentasi lebih lanjut dari MoU ini guna meningkatkan indeks kinerja Program Studi dan menciptakan alumni yang multitalenta yang memiliki kemampuan berinovasi, berkolaborasi, digitalisasi dan mampu beradaptasi dengan berbagai dinamika regional, nasional dan global,” jelasnya.

Sungguh disadari bahwa untuk menyongsong era society 5.0  maka inovasi, kolaborasi dan digitalisasi Unsultra mutlak digelorakan dan terus dimantapkan.

“Oleh karena itu juga akhir minggu ini saya akan mengikuti program PTS Kunjungan Kerjasama ke 3 perguruan tinggi yang mengimpmentasikan MBKM yang baik yaitu Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Gunadarma dan IPB yang dilaksanakan oleh LLDIKTI IX Sultanbatara tanggal 10 sampai 12 Agustus 2022,” katanya.

Prof Andi Bahrun juga mengatakan, Unsultra sungguh-sungguh berkomitmen meningkatkan SDM yang multitalenta dan juga meningkatkan nilai tambah produk unggulan daerah berbasis sumber daya alam.

“Hari ini dengan waktu bersamaan ada Webinar dengan tema Konsep Penambangan Nikel Laterit dengan narasumber dosen  pertambangan UMI yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Unsultra,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *