Sosialisasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik -LLDIKTI Tahun 2023 di Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), bertempat Gedung WTC Unsultra, Selasa (14/3/2023).

Potretterkini.id, KENDARI– Sejumlah Perguruan Tinggi di Sulawesi Tenggara mengikuti Sosialisasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik -LLDIKTI Tahun 2023 yang berlansung di Gedung WTC Unsultra, Selasa (14/3/2023).

Adapun yang mengikuti sosialisasi LAM tersebut yakni Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) 3 Prodi, Unsultra 4 Prodi, Universitas Lakidende (Unilaki) 1 Prodi, Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) 1 Prodi, Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari 3 Prodi, Universitas Nadlatul Ulama Sultra (Unustra) 2 Prodi.

Selanjutnya, Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah Muna Barat 1 Prodi, Institut Mekongga 3 Prodi. Hadirkan narasumber berkompeten dibidangnya (LAM Teknik), diantaranya Prof Misri Gozan, Prof Zakir Sabara H Wata, Dr Muh Ramli, Dr Era Purwanto.

Prof. Dr. Misri Gozan selaku narasumber mengatakan, bahwa sosialisasi ini dalam rangka penyampaian kebijakan dan memberikan pemahaman, pelayanan sistem informasi , dan penyamaan persepsi mengenai proses akreditasi Prodi pada LAM Teknik.

Ia menuturkan, LAM Teknik masih menemukan Prodi- Prodi yang memiliki akses informasi yang sangat terbatas berkaitan dengan kebijakan serta penyamaan persepsi mengenai proses akreditasi Prodi.

“Untuk memberikan pelayanan informasi yang merata disetiap Prodi, kami LAM Teknik memutuskan untuk jalan ke 26 kota dari 16 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) se Indonesia. Kami membuat 26 karena ada daerah yang jumlahnya besar dan terpisah- pisah, kebetulan Sulsel dan Tenggara kami berikan 2 tempat satu di Kota Kendari dan Makassar,” ujarnya.

Koordinator Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDikti Wilayah IX, Dr Lusman menyambut positif dan mendukung sosialisasi yang dilakukan LAM Teknik di PTS se Sultra. Mudah- mudahan ini dapat memberikan peningkatan akreditasi kedepan kepada Prodi lingkup kampus masing- masing.

“LLDikti mendukung 100 persen sosialisasi ini. Mudah- mudahan Prodi yang terakreditasi Baik bisa naik ke Baik Sekali dan akreditasi Baik Sekali bisa menjadi Unggul, itu harapan kita karena memang di Sultra belum ada yang terakreditasi Unggul,” ucapnya.

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun mengungkapkan, sosialisasi LAM Teknik di LLDikti wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultan Batara) itu ada 2 titik. Yakni Kota Makassar dan Sultra.

Lanjutnya kebetulan LLDikti Wilayah IX memilih Unsultra menjadi tuan rumah pelaksanaan sosialisasi dari LAM Teknik. Ini juga berkontribusi membantu LLDikti memfasilitasi sosialisasi LAM Teknik, yang tentunya Unsultra mempunyai semangat, harapan dan cita- cita untuk Prodi yang tergabung di FT bisa mempersiapkan reakreditasi dengan baik.

“Sosialisasi LAM Teknik ini merupakan kesempatan bagi teman- teman Prodi dan Fakultas Teknik (FT) untuk mempersiapkan reakreditasi sesuai dengan instrumen dan pedoman yang dipaparkan hari Ini. Dan semua PTS termasuk Unsultra berkomitmen dan bertekad untuk segera reakreditasi,” tuturnya.

“Akreditasi Prodi di Fakultas Teknik (FT) Unsultra semuanya itu berstatus Baik, dari Baik kita target Baik Sekali. Harapannya bisa loncat ke Unggul, karena memang tadi sudah disampaikan beberapa persiapan yang harus dipenuhi, apalagi LAM menyiapkan pembinaan . Sehingga Unsultra siap mendukung Prodi- Prodi mempersiapkan borangnya agar segera reakreditasi,” pungkasnya. (Med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *