-Melalui Dream to Become a Future University

KENDARI–Kembali dipercaya memegang amanah sebagai Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) untuk periode ketiga (2021-2025), Prof. Dr. Ir. H.Andi Bahrun., M.Sc., Agric., siap dengan berbagai program strategis untuk membesarkan kampus yqng dipimpinya.

Bahkan, Rektor Unsultra itu berkomitmen akan menjadikan Unsultra sebagai perguruan tinggi yang unggul, inklusif, inovatif dan terpenting berintegritas. Prof. Andi Bahrun mengatakan, periode ketiga ini, dirinya berkomitmen untuk menjadikan Unsultra sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki indeks kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

“Bulan ini Unsultra mendapatkan reward karena dinilai sebagai salah satu PTS yang memiliki indeks kinerja perguruan tinggi utama yang baik. Kedepan kita berkomitmen bakal mejadikan Unsultra sebagai perturuan tinggi yang unggul, inklusif, inovatif dan terpenting berintegritas,” kata Prof. Andi Bahrun.

Dia menjelaskan, saat menjabat diperiode sebagai rektor untuk melakukan percepatan perguruan tinggi, ia menghadirkan program dengab istilah pesawat Sukhoi SU- 35. Di periode ketiga ini, ia dengan optimistis menggunakan istilah pesawat Sukhoi SU-56 yang memiliki kecepatan lebih tinggi lagi dan bisa cepat bermanuver dan memiliki sensor supaya dapat dengan cepat mencapai tujuan yang diharapkan.

“Optimisme itu juga terus kita dorong dengan semangat dan motivasi  kami mengaktualiasikan impian itu kedalam tujuan bersama yakni “Dream to Become a Future University”. Ini tentu dengan harapan untuk membesarkan  kampus kita,” harapnya.

Kedepan, kata dia, yang bakal didorong adalah memperkuat kegiatan para dosen untuk mendapat pengakuan tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri, melalui jurnal nasional dan internasional yang diawali dengan penelitian yang baik.

“Jadi memang yang terpenting dari itu adalah mendorong kegiatan pengabdian masyarakat dosen yang berbasis hasil penelitian. Sehingga semua hasil penelitian tidak hanya menjadi dokumen tetapi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, bagaimana memperkuat jejaring kerja sama dalam negeri dan mendorong kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Visi tersebut sudah dirintis sejak periode sebelumnya melalui perkuliahan bersama dua perguruan tinggi yang ada di Malaysia dan Filipina.

“Tekad kami adalah tidak hanya pertukaran mahasiswa, tetapi juga membentuk kelas internasional. Salah satunya adalah kita berupaya untuk mendapatkan akreditasi internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultan Batara, Prof. Dr Jasruddin M.Si., menyikapi adanya polemik berkembang oleh pihak lain terkait masa jabatan rektor Unsultra lebih dua periode, menurutnya itu sudah sesuai aturan PTS.
Tepatnya, sesuai Permen nomor 16 tahun 2018, tidak ada pembatasan atas periode kepemimpinan rektor di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Ketika masyarakat merasa pimpinan itu masih bagus dan mampu mengembangkan perguruan tinggi maka tidak ada salahnya dipercaya lagi untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinanya. Makanya banyak perguruan tinggi di Indonesia yang sampai saat ini belum diganti rektornya.

“Tentu ini tidak ada masalah tiga Periode maupun lima periode menjadi rektor di PTS di Indonesia. Bahkan luar negeri pemberlakuan pimpinan perguruan tinggi sistem kontrak. Kalau bagus kerjanya maka diperpanjang lagi dan ini bisa seterusnya, ” ujarnya.

Dia melanjutkan, seperti di Unsultra, rugilah PTS kalau ada rektor yang mampu meningkatkan kinerjanya, meningkatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan daya saing alumni tiba-tiba diganti.

“Kalau penggantinya rusak atau tidak mampu mengembangkan perguruan tinggi gimana nasib perguruan tinggi, tentu masyarakat yang merugi. Seperti itulah pertimbangan pemerintah sehingga tidak membatasi jabatan pimpinan di PTS,” terang Prof Jasruddin.

Ia meminta kepada semua pihak hentikan permasalahan kepemimpinan Rektor di PTS selama 3 Periode atau 5 Periode. Tapi mari bergandengan meningkatkan daya saing PTS, dan mendorong alumni mampu menciptakan lapangan kerja baik nasional maupun internasional.

“Unsultra telah melakukan lompatan itu, sudah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri,” tutupnya. (rah/b)

source: https://kendaripos.co.id/2022/01/rektor-unsultra-dorong-kampus-unggul-dan-inovatif/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *