Ketgam: Suasana Foto bersama Rektor dan pejabat lingkup Unsultra usai melaksanakan pelantikan KSP Mahasiswa lingkup Unsultra (Foto:Istimewa)

Potretterkini.id, KENDARI – Dalam upaya untuk mendorong mahasiswa berinvestasi dan memahami pasar modal, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) membentuk dan melantik pengurus Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) lingkup mahasiswa yang dilakukan oleh Rektor Unsultra Prof Dr Andi Bahrun di ruang rapat Rektorat Unsultra, Jumat (4/8/2023).

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun mengatakan, pelantikan KSPM merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) anatara Bursa Efek Indonesia Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan Unsultra. Pengurus yang dilantik tersebut harus menjalankan amanah dengan secara aktif melaksanakan edukasi, sosialisasi, serta literasi terkait dengan Bursa Efek serta kegiatan social lainnya khususnya di lingkungan kampus dan masyarakat.

Bertepatan dengan Dies Natalis Unsultra ke 37 dengan mengangkat tema “ Adaptasi, Inovasi dan Kolaborasi Di Era Digital, saya benar-benar mengharapkan kepada pengurus yang dilantik segera merumuskan program dan melaksanakan kegiatan secepatnya edukasi dan sosialisasi terkait Bursa Efek berbasis digital, kreatif dan inovatif, agar keberadaan KSPM ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya baik, mereka sendiri sebagai pengurus maupun civitas akademika Unsultra dan masyarakat sekitar kampus,” tuturnya.

Ia menerangkan, KSPM sendiri merupakan perpanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia, olehnya itu, melalui kegiatan tersebut mereka bisa memantapkan diri dalam berorganisasi sebagai mahasiswa dan mengambil bagian dari dalam implemnetasi Tridharma, terutama untuk meningkatkan kualitas diri dan komptensi terkait dengan Bursa Efek, termasuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat serta untuk implementasi program MBKM.

“Kami juga berencara untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggandeng Bursa Efek, sehingga edukasi dan sosialisasi terkait Bursa Efek ini bisa diperluas ke seluruh unsur lapisan masyarakat. Apalagi sekarang ini terkait dengan bisnis bodong ini di mana Banyak bisnis online yang tidak jelas investasinya. Harapan saya kerja sama tersebut bisa dikembangkan ke depannya,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Phintraco Sekuritas Perwakilan Bursa Efek Sultra Nurdin SM menerangkan, KSPM merupakan perpanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia dalam mengedukasi dan menyosialisasikan Pasar Modal kepada civitas akademika. KSPM ini tentunya tidak bergerak sendiri, dari Bursa Efek dan Phintraco Sekuritas akan mensuport penuh setiap kegiatan edukasi yang diselenggarakan.

“KPSM ini tentunya juga sebagai Wadah untuk adik adik Mahasiswa untuk berproses dan mendulang banyak ilmu dan pengetahuan. Sebagai alumni KSPM saya memberikan gambaran bahwa Kegiatan KSPM itu sangat bervariatif, adik-adik bisa kunjungan emiten, bedah emiten, trading bersama dan masih banyak lagi. Selain itu bisa melakukan kolaborasi bisa organisasi dan instansi-instansi lainnya,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua Galeri Investasi Unsultra Wa Ode Dien Indalestari SM MM mengatakan, pengurus yang dilantik tidak hanya dari fakultas ekonomi saja tetapi dari berbagai fakultas di Unsultra. Pelantikan tersebut sebagai bentuk membangun kembali KSPM yang sebelumnya sempat vakum dikarenakan covid 19 dan pergantian kepengurusan.
“Saya berharap semoga KSPM Unsultra terus berkarya dan menginspirasi khalangan banyak dalam berinvestasi di Pasar Modal,” harapnya. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *