Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc.Agric

-Bertabur Prestasi Sepanjang Tahun 2021

KENDARI–Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc.Agric terus mendorong peningkatan kualitas kampus yang dinakhodainya. Sang rektor produktif meluncurkan berbagai program demi mendukung pencapaian prestasi, baik level kampus, dosen maupun mahasiswa. Kiprah Unsultra pun merambah level Asia. Kerja sama dengan universitas Malaysia dan Filipina dilakoni.

Unsultra di tangan Prof. Andi Bahrun bertabur prestasi, baik dari sisi peningkatan infrastruktur sarana perkuliahan hingga kegiatan akademik. Sepanjang tahun 2021, banyak program kerja ditunaikan. Unsultra menambah satu gedung perkuliahan, laboratorium mikro teaching dan studio perkuliahan berbasis digital untuk mendukung proses perkuliahan responsif terhadap perubahan dan perkembangan zaman.

“Di samping itu, kami juga membangun panggung aspirasi dan kreativitas mahasiswa untuk memberikan ruang penyampaian aspirasi, kebebasan berekspresi dan mendemostrasikan kreativitas dan inovasi mahasiswa. Namun tetap memperhatikan kaidah ilmiah, etika, moral, agama dan wawasan kebangsaan,” ujar Prof. Andi Bahrun kepada Kendari Pos, Senin (13/12) kemarin.

Selain itu, kata dia, Unsultra juga terus mendorong dan pembinaan atas kegiatan kemahasiswaan terutama kegiatan minat dan bakat mahasiswa serta penalaran melalui BEM, Mapala dan Resimen mahasiswa dan HMJ. Jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan mahasiswa terus didorong melalui pelaksanaan dan pelibatan dalam kegiatan Unsultra Camp, seminar, workshop/training, ekspo serta inisiasi kegiatan kewirausahaan.

“Suatu kebanggaan bagi sivitas akademika karena BEM Unsultra melaksanakan kegiatan BEM Unsultra In Global Action 2021, melalui seminar internasional dan International Student Discussion Forum. Bukan itu saja, tahun ini juga, beberapa mahasiswa Unsultra menorehkan prestasi tingkat lokal, hingga nasional,” beber Prof.Andi Bahrun.

Prestasi lainnya yang dicapai Unsultra tahun ini dalam kendali Prof.Andi Bahrun adalah pemeringkatan kinerja kemahasiswaan secara nasional, Unsultra berada pada posisi 309 dari sekira 4.000 perguruan tinggin (PT) negeri dan PT swasta di tanah air. Sebagai respons atas kebijakan Mendikbud tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Unsultra memiliki Kurikulum Implementasi MBKM dan telah berupaya mengimplementasikannya melalui kerja sama secara internal. “Kerja sama dengan berbagai PT dan institusi dalam dan luar negeri. Tahun ini ada mahasiswa kami yang mengikuti program MBKM di PT lain dalam negeri,” jelas Prof.Andi Bahrun.

Masih di tahun 2021 ini, Unsultra menyelenggarakan Unsultra Faculty Exchange Programme dengan Politeknik Sultan Azlan Shah Malaysia secara virtual. Dua Fakultas, delapan dosen, delapan mata kuliah dan sekira 200 mahasiswa Unsultra berpartisipasi. Sedangkan dari Politeknik Sultan Azlan Shah, dua Fakultas, lima dosen dan sekira 80 mahasiswa.

Sejak 15 hingga 17 Desember 2021, Unsultra juga menyelenggarakan “Faculty Mobility For General Lecture” FEB Unsultra dan College of Bisiness Administration Education University of Mindanau, Philippines yang akan melibatkan dua dosen FEB dan dua dosen dari Philippines serta melibatkan mahasiswa kedua belah pihak.

“Selanjutnya pada 16 Desember 2021, Unsultra akan menyelenggarakan Seminar Internasional kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Ini tentu suatu proses yang harus dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika Unsultra,” tutur Prof.Andi Bahrun.

Pada aspek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, masih perlu ditingkatkan. Prof.Andi Bahrun berkomitmen akan meningkatkan anggaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah. “Bahkan kegiatan penelitian yang bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi berhasil lolos pada tahun ini,” imbuhnya.

Prof.Andi Bahrun menuturkan, Unsultra akan terus bergerak meningkatkan kualitas pengelolaan universitas maka ditempuh melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, pemerintah daerah, pelaku usaha dan media massa. Hal itu dilakukan demi meningkatkan daya saing alumni saat memasuki dunia kerja dan medan pengabdian.

“Pada saat wisuda sarjana hari ini, 14 Desember 2021, bakal ditandatangani MoU dengan DPRD Bombana, Asuransi Bumida dan Kelompok Mahasiswa Penerima Beasiswa Berbasis Usaha. Semoga MoU ini akan bermanfaat bagi mahasiswa, daerah, bangsa dan negara,” tukas Prof. Andi Bahrun.

Di pengujung tahun 2021 ini, Unsultra mendapat anugerah besar. Rektor Prof Andi mengatgakan dari 3.030-an PT swasta se-Indonesia, Unsultra terpilih bersama 110 PT swasta lainnya mendapatkan bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021 sebesar Rp900.000.000.

“Ini sebagai bentuk apresiasi dan reward karena menurut penilaian berbasis data PDPT, Unsultra memiliki Indeks Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi yang baik.
Terima kasih kepada Mendikbudristekdikti melalui Dijten Kemendikbudristekdikti dan khususnya Kepala LLDIKTI IX Sultan Batara atas bimbingan, pelayanan dan kerja sama yang sangat baik selama ini,” ungkap Prof.Andi Bahrun.

Prof.Andi Bahrun mengapreasiasi kontribusi dan dukungan seluruh sivitas akademika Unsultra sehingga Unsultra bertabur prestasi. “Kami bekerja bukan mengharapkan untuk dinilai dan bersaing dengan PT lain di tanah air, tetapi Unsultra ingin bersinergi, berkolaborasi dan bersanding dengan PT lain dalam meningkatkan kualitas SDM sehingga pemerintah, masyarakat dan alumni bangga terhadap Unsultra,” tutup Prof.Andi Bahrun. (rah/b)

source: https://kendaripos.co.id/2021/12/unsultra-berkualitas-di-tangan-prof-andi-bahrun/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *