Penyerahan SK pendirian tiga Prodi yang dilakukan oleh Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman kepada Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun. Foto: Dirma/RS

KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kini memiliki tiga Progaram Studi (Prodi) baru setelah Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultan Batara, Dr Andi Lukman menyerahkan Surat Keputusan (SK) pendirian Prodi Teknik Geologi, Prodi Agribisnis dan Prodi Kimia di gedung WTC, Rabu (15/6).

Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman mengucapkan selamat kepada Unsultra yang telah berhasil membuka Prodi baru. Tentu Ini merupakan torehan yang baik,pihaknya akan selalu mendorong Prodi ini dalam mengembangkan lembaganya. Dirinya yakin bahwa Prodi tersebut dipersiapkan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang dibutuhkan masyarakat.

“Kita sangat bangga terhadap Unsultra, di mana mereka telah berhasil mendirikan 8 jurusan baru dari tahun kemarin, Tentunya ini menjadi sebuah bentuk pencapaian yang sangat luar biasa, dan kami sebagai lembaga LLDIKTI, mendukung penuh berbagai hal untuk pengembangan perguruan tinggi. Pastinya kehadiran tiga jurusan baru ini, bisa memberikan peluang bagi masyarakat, untuk memilih berbagai jurusan yang diminati,” ujarnya.

Ia mengatakan, tidak ada Perguruan Tinggi (PT)  berkualitas apabila tidak ditunjang dengan SDM yang unggul. Dimana, SDM yang unggul akan menjalankan proses- proses kelembagaan yang bermutu dan berkualitas sehingga menghasilkan mahasiswa yang unggul pula. Apalagi Unsultra, telah memuat kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di 3 Prodi ini.

“MBKM sendiri merupakan program yang ril dan fakta untuk menghasilkan alumni- alumni terampil yang  sangat dibutuhkan masyarakat. LLDIKTI mempunyai tugas pokok memfasilitasi dan bahu membahu dengan PT dalam rangka menjamin mutu, mengembangkan SDM, kurikulum, dan Sapras. Kita mendorong agar menghasilkan PT yang berkualitas,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun mengatakan, tiga Prodi baru tersebut ini sudah dapat menerima Calon Mahasiswa Baru di tahun ini dan didukung dengan SDM atau dosen yang sudah mempuni. Dibukanya Prodi baru ini tidak terlepas dari respon dan kebutuhan masyarakat di era disrupsi baik di tingkat regional, nasional dan global. Sehingga, mudah- mudahan adanya Prodi ini menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat untuk kuliahkan anaknya di Unsultra.

“Salah satu indikator kinerja utama PT, yakni bagaimana lulusannya mendapatkan pekerjaan layak. Makanya tidak sembarang kita mengusulkan Prodi, disamping itu Prodi baru kita ini disusun bedasarkan kurikulum MBKM, artinya kita persiapkan alumni untuk tidak menganggur,” pungkasnya. (CR5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *