Tim PKM Unsultra yang melakukan pengabdian di Desa Biru, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana.

KENDARI – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) mendapatkan bantuan pendanaan program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS tahun Anggaran 2021.

Merujuk itu, Unsultra melakukan program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berbasis hasil penelitian antara lain pengembangan agribisnis berbasis integrasi ternak dan tanaman, melakukan serah terima aset kepada kelompok masyarakat mitra di Desa Biru, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana pada pekan lalu guna meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.

Ketua Tim PKM Unsultra, Dr. Haidir Amin mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan dalam PKM ini meliputi bintek budidaya tanaman di bawah tegakan tanaman kelapa atau lahan tidak produktif, bintek produksi bokasi, bintek pertanian terpadu, bintek produksi VCO dari kelapa, pembenahan kandang ternak sapi, penyerahan bantuan ternak sapi dan juga penyerahan aset untuk produksi VCO.

“Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat di Poleang Timur, Kabupaten Bombana. Olehnya itu kami mencoba memanfaatkan potensi kelapa yang ada di daerah Poleang Timur di mana diolah menjadi VCO yang memiliki nilai jual tinggi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, program bisa terlaksana berkat dukungan Rektor Unsultra, Pemkab Bombana, Kepala Desa Biru, Kelompok Ternak Gembala serta masyarakat khususnya mitra program PKM.

Atas nama Tim PKM, ia menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristekdikti dan semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan PKM ini.

“Kami berharap kegiatan pengabdian ini dapat dirasakan manfaatnya oleh mitra dan masyarakat sekitarnya dan dapat berlanjut dengan kerja sama bidang penelitian dan pengabdian lainnya terutama untuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” harapnya.

Sementara itu, Anggota DRPD Kabupaten Bombana, Ir. Ardi mengatakan, mewakili masyarakat sangat mengapresiasi program kegiatan PKM yang dilaksanakan tim dari Unsultra yang didukung oleh Ditjen Diktiristek.

“Kegiatan PKM mendukung visi dan misi Pemda Kababuta Bombana khsusunya terkait Perbaikan Pendapatan dan Ekonomi masyarakat melalui optimalisasi lahan dan pengembangan agribisnis berbasis komoditi unggulan seperti ternak sapi dan tanaman kelapa,” ujarnya.

Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun mengaku sangat senang dengan terlaksananya kegiatan PKM pengembangan agribisnis berbasis integrasi ternak dan tanaman kelapa di Desa Biru.

Dia bilang, kegiatan PKM ini merupakan bentuk tindak lanjut atau hilirisasi hasil penelitian yang telah dilakukan. Unsultra berkomitmen untuk terus mendorong agar setiap hasil penelitian dan dilanjutkan menjadi kegiatan PKM sehingga dapat menghadirkan solusi permasalahan yang dialami masyarakat dan Unsultra selalu bersama masyarakat.

“Kami sudah sepakat agar kegiatan PKM kemitraan ini khususnya dengan Pemda Bombana akan terus kita kawal dan lanjutkan sesuai harapan Pemda dan masyarakat khususnya Kepala Desa Biru, untuk menjadikan Desa Biru sebagai Desa Binaan Unsultra, sehingga dapat menjadi lokasi kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, KKN, terutama untuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *