Pelaksanaan Training Platform Teacher In a Box (TIB) kepada puluhan peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa lingkup kampus.

HaluoleoNews.ID, BKK- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bersinergi dengan The Rotary Club Paddington Queensland, Australia menggelar Training Platform Teacher In a Box (TIB) kepada 10 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa lingkup kampus merah maron itu, pada Kamis (10/8).

Menghadirkan narasumber kompeten, yakni Pamela Davis.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengucapkan terima kasih kepada The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia atas bantuan platform TIB yang diberikan secara gratis. Teacher In a Box adalah perpustakaan interaktif komunitas dan sumber daya akademik yang sangat besar yang dapat diakses tanpa internet.

Ia menuturkan, kehadiran platform TIB diyakini tidak hanya bisa memperbaiki kualitas sumber daya akademik di kampus dan sekitarnya, tetapi juga akan memberikan peluang untuk dikembangkan dosen dan mahasiswa di wilayah pedesaan dan atau terpencil melalui kegiatan pengabdian kepada kasyarakat khususnya implementasi berbagai program MBKM.

“Platform TIB sangat penting dikembangkan di Sultra karena masih banyak daerah khususnya wilayah pedesaan dan kepulauan yang memiliki koneksi internet tidak stabil dan bahkan ada yang tidak memiliki jaringan sama sekali,” ujarnya, Minggu (13/8).

Samhung dia, daerah dengan kondisi jaringan internet seperti ini perlu diupayakan alternatif platform yang tepat untuk mendukung pembelajaran di era disrupsi ini dan kedepannya. Unsultra terus memperluas jaringan kerjasama dalam upaya memperkaya sumber pengajaran di lingkungan kampus/

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga berbagai hambatan proses pembelajaran di daerah terpencil atau di pedesaan. Ihtiar Unsultra untuk memperkaya sumber daya akademik, belum lama ini menandatangani kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Unsultra juga telah berkerjasama dengan The Rotary Club Paddington, Queensland, Australia untuk pengembangan platform TIB.

Sementara itu, Representatif The Rotary Club Paddington Queensland, Australia Pamela Davis mengungkapkan, keberadaan TIB mendukung pembelajaran mandiri serta pengajaran di kelas. Sehingga TIB memiliki dampak positif yang sangat besar ketika sumber daya pengajaran yang terbatas, atau guru dengan pelatihan atau pendidikan yang terbatas.

Lanjutnya, Keberadaan platform dengan server TIB adalah laptop atau desktop siap pakai yang berisi konten pendidikan bernilai beberapa ratus gigabyte. Platform ini perlu ditambahkan router nirkabel bertenaga USB ke setiap server TIB, seperti iphone, tablet, dan laptop.

“Teacher In a Box yang diprakarsai oleh Rotary Club of Paddington, Australia, yang menggunakan teknologi yang disumbangkan untuk membawa pendidikan on-line ke dunia off-line melalui jaringan Rotary. Hal Ini memungkinkan siswa kurang mampu untuk mengakses sumber daya pendidikan online gratis tanpa koneksi internet,” ucapnya.

Ia berharap, setelah training ini, platform TIB ini dapat dimanfaatkan dosen dan mahasiswa serta dapat dikembangkan lebih luas lagi bersama Masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya serius menyelenggarakan training ini dan akan dilanjutkan dengan training kedua yang rencana dilaksanakan Minggu ke 4 Agustus 2023.

“Training tahap pertama ini akan dilakukan tes secara online dan bagi lulus akan diberikan sertifikat oleh pihak The Rotary Club Paddington Queensland serta akan berhak mengikuti training tahap kedua,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *