KENDARI– Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) tuntas menyelenggarakan kegiatan rektor cup ke V yang dimulai sejak 28 Desember 2021 dan berakhir pada 19 Januari 2022. Kegiatan ini melibatkan 28 club intra Unsultra maupun eksternal kampus/siswa SMA di Kota Kendari.

Rektor Cup merupakan agenda tahunan memperebutkan piala Rektor Unsultra dalam ajang futsal. Dimana kedepan, bakal dinaikkan levelnya bukan saja perlombaan futsal tetapi seluruh cabang olahraga lainya. 

Dalam ajang ini, Fakultas Hukum (FH) Unsultra berhasil menjuarai Rektor Cup V dan dinobatkan sebagai jawara ajang tahunan tersebut setelah mengalahkan Fakultas Teknik (FT) Unsultra di partai final dengan skor telak 3- 0, Rabu (19/1).

Saat ditemui awak media, Rektor Unsultra,Prof. Dr. Ir. H.Andi Bahrun., M.Sc., Agric., mengaku sangat mengapresiasi, dan bangga atas semua pihak yang terlibat dalam Rektor Cup V, khususnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan para panitia. 

Ia menjelaskan, mahasiswa dan pelajar sukses menunjukkan sportivitas sehingga memberikan contoh kepada semuanya. Bahkan para pemain ketika diberikan peringatan oleh wasit, mereka menerima sesuai ketentuan yang telah disepakati.

“Saya kira jiwa- jiwa sportivitas itu selalu saya tekankan dan tanamkan kepada mereka, dan mereka sudah menunjukkannya dengan sangat baik di Rektor Cup V ini,” kata Prof. Andi Bahrun, Rabu (19/1).

Ia menuturkan, pelaksanaan Rentor Cup kali ini semakin memberikan semangat dan spirit pada pesertanya. Kedepan ia tentu akan senantiasa mendukung penyelenggaraan cabang olahraga lain. Bahkan rencana tersebut sudah  disampaikan kepada Ketua BEM Unsultra agar menyelenggarakan kegiatan olahraga lainnya di kampus merah maron tersebut.

“Saya berharap event ini benar- benar mendorong minat dan bakat mahasiswa. Kemampuan mereka tereksplor. Dengan prestasi itu pula mahasiswa kita kedepan bisa mewakili Unsultra di kanca daerah, nasional, bahkan internasional,” ucapnya.

Mantan Kepala Universitas Terbuka Kendari ini, menyampaikan Unsultra mempunyai pemain- pemain berbakat dibidang olahraga seperti atlet dayung. Selain itu ada juga mahasiswa Unsultra yang masuk di pekan olahraga daerah (Porda). Tentunya ini merupakan potensi yang besar bagi kampus.

Dalam rangka mendorong minat dan bakat mahasiswanya, Unsultta juga memiliki wisudawan terbaik yang tidak hanya terfokus nilai akademik semata, melainkan ditambah dengan prestasi kegiatan kemahasiswaan.

“Saya kira dengan ketentuan tersebut, mahasiswa Unsultra lebih bergairah mengikuti berbagai kegiatan yang melibatkan dirinya untuk mengeksplor minat dan bakat yang dimiliki. Kemampuannya itu bisa berada di level daerah, nasional, bahkan internasional,” tuturnya.

Ia berharap, kedepan BEM sebisa mungkin membuat jadwal tahunan kegiatan- kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler di kampus. Sehingga, para mahasiswa Unsultra lebih betah dan lebih mencintai kampusnya. Mereka pun akan rindu dengan segala aktivitas di kampus. “Tentu ini yang saat ini terus kita dorong jadi bukan saja prestasi akademik tetapi juga prestasi non akademik, ” pungkasnya. 

Sebagai informasi, juara I FH mengantongi uang tunai Rp2,5 Juta, juara II FT Rp2 Juta, juara III BEM Unsultra Rp1,5 Juta, juara IV SMAN 5  Kendari   Rp800 ribu. (rah/b)

source: https://kendaripos.co.id/2022/01/unsultra-sukses-gelar-rektor-cup-v/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *