Ketgam: Foto Rektor Bersama Kabid SMK Prov, Kepsek SMK 5 Kendari & 9 Konsel dan Para Dosen Unsultra

KENDARI – Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kendari dan SMKN 9 Konawe Selatan (Konsel) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) serta menggagas program Student Learning Experiences Exchange (SLEE) dengan kegiatan School Goes To Campus yang dilakukan di di Gedung WTC Unsultra, Selasa (21/6).

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengungkapkan, School Goes To Campus merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program SLEE yang akan terus gelorakan ke depannya guna menghadirkan lagi SMK bahkan perguruan tinggi di Sultra atai di luar untuk maju bersama, bukan bersaing tetapi bersanding dalam menciptakan generasi emas, unggul yang merdeka diberbagai sektor.

“Dengan penandatangan MoU serta MoA antara SMK dan Unsultra, bisa menjadi implementasi program MBKM dalam meningkatkan kualitas SDM baik itu siswa ataupun mahasiswa. Selain itu ini merupakan bagian penting untuk meraih mimpi menjadi universitas masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid SMK Dikbud Sultra La Ode Fasikin mengatakan, kegiatan yang digagas Unsultra ini merupakan terobosan baru yang bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia. Apa lagi kurikulum SMK saat ini telah bermuatan MBKM, dimana salah satu programnya adalah berkerja, melanjutkan kuliah, dan wirausaha. Untuk melanjutkan kuliah, Unsultra lebih dulu mewadahi para siswa SMK ini.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, dan merekomendasikan kepada anak- anakku kalau ingin melanjutkan kuliah, Unsultra yang paling bagus,” ucapnya.

Disisi lain, Kepala SMKN 5 Kendari Ahmad Yunan menerangkan, dengan adanya penandatanganan MoU antara SMKN 5 Kendari dengan Unsultra dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. Misalnya, berupa pendampingan dari Unsultra dan apabila ada kegiatan ilmiah dari Unsultra juga  SMKN 5 Kendari sangat siap untuk membantu agar terlaksana dengan baik.

“Dengan begitu, peningkatan SDM di SMKN 5 Kendari dapat tercapai. Tentu kita berharap kunjungan siswa di Unsultra ini mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman serta Unsultra menjadi pilihan yang tepat apabila siswa ingin melanjutkan pendidikan tingginya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *