Prof. Dr. Ir. H.Andi Bahrun., M.Sc., Agric.

KENDARI– Universitas Sulawesi Tenggara (Unsul-tra) terus menunjukkan eksistensinya dalam pengembangan kualitas mahasiswanya. Terbaru, pihak Unsultra memfasilitasi mahasiswanya melakukan magang kerja di Polandia.

Tepatnya, mahasiswa Unsultra mulai semester I sampai semester akhir yang ingin melakukan kontrak kerja ke luar negeri khususnya di Polandia.

Hal itu disampaikan Rektor Unsultra Prof. Dr. Ir. H.Andi Bahrun., M.Sc., Agric., kemarin (14/1). “Kebetulan ada permintaan dari Polandia. Dimana Unsultra mendapat permintaan kuota sebanyak 10 mahasiswa mengikuti kontrak kerja disana, ” beber rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun.

Lanjutnya, seluruh mahasiswa Unsultra bisa segera mendaftarkan diri. Tidak ada batasan semester berapa, asalkan mampu dan terpenting bisa berbahasa Inggris. “Mereka akan diseleksi. Bila lolos mereka akan langsung berangkat pada April 2022 mendatang dengan masa kontrak selama dua tahun. Dimana peryaratanya harus bisa bahasa Inggris,” jelas Prof. Bahrun.

Guru Besar Fakultas Pertanian UHO ini menerangkan, dalam kontrak kerja ini, mereka bakal di gaji Rp10 juta per-bulan. Ini sudah merupakan gaji bersih, sebab untuk hal-hal lainya telah ditanggung baik itu makanan maupun tempat tinggal.
“Saya juga akan bahas dengan unsur pimpinan di Unsultra, agar mereka yang lolos bakal diatur SKS nya. Kita akan buat seperti program Merdeka Belajar. Kampus Merdeka (MBKM). Jadi selain bekerja mereka juga bisa diakui pihak universitas dan Prodi bahwa magang yang mereka lakukan itu masuk dalam perkuliahan dan akan disesuaikan SKS nya,” terangnya.

Selain itu, saat pulang dari Polandia, mata kuliah mahasiswa Unsultra juga sudah bisa tuntas dan langsung dapat wisuda. ” Itu sangat bagus, apalagi kalau pulang dari Polandia mereka bisa langsung kita wisuda. Tentu sangat membanggakan dan dapat menjadi contoh untuk yang lainya,” ungkapnya.

Mereka yang lolos, sebelum berangkat ke Polandia bakal dilatih lebih dulu. Setelah dilatih maka pada April langsung bisa diberangkatkan. Permintaan ini merupakan salah satu wujud membangun kemitraan yang dilakukan Unsultra selama ini.

”Itulah penting-kita menjaga hubungan dengan mitra agar hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas mahasiswa itu bisa didapatkan baik itu program pertukaran pelajar maupun melaksanakan magang atau kontrak kerja. Harapan kita dari kuota yang diberi mahasiswa kita bisa lolos semua,” harap Mantan Ketua Universitas terbuka kendari ini (rah/b)

source: https://kendaripos.co.id/2022/01/unsultra-fasilitasi-mahasiswa-magang-kerja-di-polandia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *